Data Center ICON+ Raih Sertifikasi TCDD dari Uptime Institute
Tanggal Posting : 21-02-2017

ICON+ terus berbenah untuk meningkatkan daya saing di tengah kompetisi yang semakin ketat. Salah satunya dengan meraih sertifikasi Data Center Tier-III untuk kategori “Tier Certification of Design Documents” (TCDD) dari Uptime Institute. Sertifikasi yang berlaku hingga 4 November 2018 itu menandakan bahwa topologi desain Data Center ICON+ telah memenuhi standar internasional.

Senior Director of Business Development Uptime Institute South Asia Patrick Chan menyerahkan sertifikat TCDD kepada PLT Direktur Niaga ICON+ Ardian Cholid di ICON+ Gandul, Senin (20/2). Turut menyaksikan pula Direktur HP Technology Services Indonesia Linius Tan yang bertindak selaku konsultan ICON+.

“Hari ini menjadi hari yang bersejarah untuk kita. Namun, pekerjaan kita masih banyak karena ada dua tahap sertifikasi lagi yang harus diraih,” ujar Ardian di hadapan sekitar 30 ICONers.

Uptime Institute merupakan satu-satunya organisasi di dunia yang memberikan sertifikasi terkait sistem tier pada data center dengan tiga tahapan, yaitu “Tier Certification of Design Documents” (TCDD), “Tier Certification of Constructed Facility” (TCCF), dan “Tier Certification of Operational Sustainability” (TCOS). Hingga kini, Uptime Institute telah mengeluarkan sertifikasi untuk 860 data center di 83 negara.

Data CenterTier-III yang dimiliki ICON+ menjamin ketersediaan fasilitas sebesar 99,982% setahun kepada seluruh pelanggan.Menurut Ardian, saat ini Data Center ICON+ mengelola sekitar 97 persen business process milik PLN, dengan 68 juta pelanggan.

“Berikutnya, kita akan mempersiapkan fasilitas untuk sertifikasi TCCF. Penting diketahui oleh seluruh ICONers bahwa sertifikasi ini bukan semata untuk kepentingan marketing kita, melainkan juga mengamankan business process PLN, atau dengan kata lain turut mengamankan dana milik negara,” tambah Ardian.

Menurut Patrick, untuk meraih sertifikasi TCCF, penyedia data center harus mampu membuktikan keandalan infrastrukturnya saat terjadi downtime.

“Uji coba facility perlu dilakukan berkali-kali sebelum kami melakukan verifikasi langsung. Di Indonesia, Uptime Institute telah memberikan sertifikasi TCDD kepada 20 data center dan 4 di antaranya telah memperoleh sertifikasi TCCF. Sementara untuk TCOS, sejauh ini belum ada data center di Indonesia yang menerimanya,” kata Patrick. ?